Share

Microsoft Rilis Pembaruan untuk Perbaiki Bug aCropalypse di Windows

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 27 Maret 2023 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 27 54 2787902 microsoft-rilis-pembaruan-untuk-perbaiki-bug-acropalypse-di-windows-iq05GaqTcf.jpg Microsoft Rilis Pembaruan untuk Perbaiki Bug aCropalypse di Windows

Windows telah memberikan pembaruan keamanan untuk memperbaiki Windows 11 Snipping Tool dan Windows 10 Snip & Sketch.

Langkah ini diambil setelah ditemukannya bug bernama aCropalypse pada kedua alat tersebut. Bug ini juga ditemukan sebelumnya pada snipping Pixel Google.

Masalah yang terdapat pada kedua alat Windows itu memungkinkan peretas untuk mengembalikan data yang sebelumnya telah dipotong oleh pengguna dari sebuah gambar. Namun sekarang Microsoft telah memperbaiki masalah tersrbut.

Kini pembaruan untuk Windows 11 Snipping Tool (11.2302.20.0) dan Windows 10 Snip & Sketch tool (10.2008.3001.0) telah tersedia di Microsoft Store, sebagaimana dikutip dari Neowin.

Pengguna hanya tinggal membuka Store, pilih pilih Library, dan klik Get Updates pada aplikasi. Perusahaan menyarankan semua penggunanya untuk melakukan pembaruan.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa bug aCropalypse diidentifikasi pertama kali pada perangkat pengeditan layar Google Pixel.

Bug ini terselip pada aplikasi edit tangkapan layar Markup Google pada perangkat Android tersebut. Akibat bug ini, gambar yang telah dipotong bisa dipulihkan kembali.

Tak hanya di Android, bug serupa juga sempat ditemukan pada Snipping Tool Windows 11 dan Windows 10. Bug ini dinilai berbahaya karena bisa mengacak-acak privasi pengguna. Dalam kasus Snipping Tools Windows 11 misalnya, ternyata utilitas itu tidak menimpa data PNG yang dipangkas dengan benar.

Dengan kata lain, ketika pengguna memotong foto menggunakan editor gambar dan menimpa file asli dengan perubahannya, data yang dipotong tersebut tidak akan dihapus dari file. Gambar yang dipotong itu memiliki ukuran yang sama dengan aslinya.

Kekhawatirannya adalah para penjahat bisa memulihkan sebagian gambar yang diedit, terutama yang telah dipangkas untuk menghilangkan informasi sensitif.

(DRA)

Follow Berita Okezone di Google News

(dra)

1
1
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini