Share

Pameran Sains ASA 2023 Datangkan Puluhan Ilmuwan Muda dengan Karya Menarik

Raden Yusuf, Jurnalis · Kamis 25 Mei 2023 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 25 56 2820085 pameran-sains-asa-2023-datangkan-puluhan-ilmuwan-muda-dengan-karya-menarik-VIBUgdeHFl.jpg Pameran Sains ASA 2023.

PAMERAN sains tahunan Applied Science Academy (ASA) Sekolah Pelita Harapan (SPH) kembali digelar pada tahun 2023 ini. ASA sendiri merupakan program pembelajaran berbasis penelitian yang menawarkan bimbingan dari para profesional di berbagai bidang sains, seperti energi terbarukan, bioteknologi, ilmu komputer, ilmu pangan, dan lain-lain

Pada ASA SPH Tahun ini, turut menampilkan 28 hasil penelitian yang sudah mereka susun selama satu tahun. Dalam pameran itu, tamu undangan serta pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa yang menampilkan karya mereka.

Adapun sejumlah sorotan utama yang ditampilkan yakni permainan tetris berbasis penglihatan AI, pembangkit energi gelombang laut, ubin energi yang menghasilkan energi dari langkah kaki, mesin pemilah sampah sortbotz, bak vermikompos spikoo, serta pengisian sabun sopar-prise.

"Pada pameran tahun ini, kami juga menyajikan pengalaman baru melalui zona interaktif, seperti TennBot, robot yang melacak dan melemparkan bola tenis kepada pemain. Ada pula AutoMate, sistem kamera deteksi objek untuk mobil yang membantu mengingatkan pengemudi yang tidak waspada untuk berhenti ketika ada objek di depan mobil," tutur Dr. Eden Steven, Direktur Program ASA, saat ditemui di Sekolah Pelita Harapan, Tangerang, Kamis (25/5/2023).

Pameran Sains

Kemudian, Eden pun menambahkan, bahwa dalam pameran ASA SPH pun turut menghadirkan siswa yang meneliti berbagai bahan dan ekstrak tumbuhan lokal untuk digunakan digunakan sebagai antioksidan, antidiabetes, dan antimikroba. Lalu, ada pula siswa yang melakukan penelitian di bidang ilmu pangan, teknik dan teknologi.

Tujuan dari ASA sendiri yakni untuk mempersiapkan siswa menjadi generasi masa depan yang bisa berpikir kritis sejak dini. Untuk mencapai hal tersebut, ASA memberikan metode serta alat yang tepat bagi siswa.

Adapun beberapa hal yang diberikan kepada siswa, yakni literasi ilmiah dan teknologi yang canggih untuk kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, pemikiran terbuka, hingga semangat kolaboratif dari setiap siswa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan adanya seluruh keterampilan tersebut, maka akan bisa membantu siswa untuk siap dalam menghadapi tantangan di jenjang pendidikan selanjutnya, yakni Universitas.

"Program ASA memperkuat dan mengkontekstualisasikan kurikulum di dalam kelas melalui model pembelajaran berbasis penelitian di luar jam sekolah, di mana siswa dapat mengeksplorasi dan meneliti topik yang mereka inginkan dengan mentor mereka," jelas Dr. Eden Steven.

Eden juga menambahkan, bahwa ASA merupakan tempat di mana siswa bisa menerapkan apa yang mereka pelajari ke kehidupan nyata, dan menghubungkannya menjadi konsep multidisipliner serta menciptakan solusi baru yang efektif.

Pameran Sains

Sementara itu, Haesun Yoon selaku alumni ASA pun membagikan pengalamannya selama berada di akademi. Menurutnya, menjadi bagian dari ASA merupakan pengalaman yang tidak ternilai.

"Ini memungkinkan saya mengembangkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak mudah didapatkan oleh banyak siswa SMA lainnya dan tentunya sangat membantu saya untuk memasuki perguruan tinggi. Ini semua berkat mentor yang baik, yang selalu mendukung penelitian saya dari awal hingga akhir," ujar Yoon.

Sebagai informasi, dalam lima tahun sejak berdirinya ASA, Sekolah Pelita Harapan sudah menghasilkan 87 proyek riset dari 69 siswa. Di mana Siswa ASA melakukan penelitian di berbagai bidang, termasuk prototipe, pengembangan produk, aplikasi seluler, penelitian ilmu bumi dan bahan baru. Sejumlah karya mereka pun sudah dipublikasikan pada jurnal dan konferensi internasional.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini